Cara Install TWRP dan ROOT di Redmi Note 4X (Mido)

Sebenarnya hampir semua perangkat ponsel Android sudah memiliki sebuah alat recovery yang sudah terpasang secara built-it di dalam perangkat ponsel tersebut. Default recovery ini biasanya sebagai alat untuk menjalankan perintah pemasangan pembaruan sistem operasi ponsel, juga sebagai alat kendali perbaikan untuk mengatasi permasalahan pada sistem perangkat ponsel Android.

Secara umum menu dan fitur default pada recover mode standar hanya terdapat beberapa pilihan saja seperti halnya recovery yang terdapat pada perangkat Xiaomi adalah Mi-Recovery, fitur dan menunya terbatas, menu recovery menginstall file pembaruan (update perangkat), membersihkan cache, dan reboot. Sedangkan di custom recovery seperti CWM / TWRP / Coffee / Philz atau yang lainnya memiliki fitur lebih banyak dan saya pikir sangat berguna salah satunya fitur Backup dan Restore.

Cara Install TWRP dan ROOT di Redmi Note 4X (Mido)

Memasang custom recovery TWRP bukanlah hal yang wajib. Tetapi banyak juga pengguna Android yang memasang custom recovery pada perangkatnya dengan tujuan untuk mengeksplorasi sistem atau seperti untuk melakukan root, menginstall aplikasi pihak ketiga, menambahkan atau memodifikasi file ke dalam sistem, atau menginstall / flash custom rom seperti untuk Xiaomi Redmi Note 4X (Mido), dan banyak lagi yang bisa pengguna lakukan dengan fitur custom recovery.

Baca juga: Kumpulan Font Keren untuk MIUI Support Unicode Mtz

Fungsi dan kegunaan custom recovery

Dengan terpasangnya custom recovery seperti CWM / TWRP / Coffee / Philz atau yang lainnya di Redmi Note 4X, sobat bisa lebih jauh mengeksplorasi sistem perangkat dan dapat melakukan hal-hal berikut:
  • Melakukan root
  • Memasang dan menyisipkan aplikasi dan file ke dalam system
  • Menginstall custom rom untuk Redmi Note 4X (Mido) seperti LineAge OS 14 Nougat atau Oreo
  • Backup dan Restore system rom

Resiko custom recovery

Penting untuk teman-teman ketahui bahwa dengan memasang custom recovery dan root di Redmi Note 4X dapat meningkatkan resiko baik untuk perangkat tersebut dan operasi sistem.
  • Sistem bootloop, hal ini bisa terjadi jika sobat menggunakan file recovery yang tidak sesuai dengan perangkat, maka pada tutorial adalah untuk pasang twrp dan root Redmi Note 4X, bukan yang lain.
  • Resiko dan rentan rusaknya file sistem, dengan status Redmi Note 4X rooted maka sobat bisa melakukan install aplikasi apa pun dan dari pihak mana pun (yang tidak dipercaya) sehingga bisa rentan terhadap sistem.
  • Tentunya status UNLOCK BOOTLOADER, artinya ponsel dalam keadaan tidak terkunci dengan keamanan akun MIUI.

Persiapan Install TWRP dan ROOT Redmi Note 4X

Sebelum masuk ke proses pasang TWRP dan root Redmi Note 4X, berikut persyaratan dan persiapan yang perlu teman-teman ketahui.

Persyaratan

  • Sudah UBL (Unlock Boot Loader)

Persiapan

  • MiFlashTool.exe, untuk menginstall driver fastboot Xiaomi Redmi Note 4X – Download
  • TWRP untuk Redmi Note 4X (MIDO) – Download
  • lazyflasher-no-verity-opt-encrypt.zip agar data storage di TWRP tidak terbaca 0MB – Download
  • SuperSU-v2.79.zip untuk ROOT – Download
  • Kabel data USB

PERHATIAN
Tutorial ini dikhususkan untuk pengguna Redmi Note 4X (Mido) dan sudah di test dan berjalan lancar pada perangkat Xiaomi Redmi Note 4X (Mido) Snapdragon. Harap lakukan baik-baik dan sesuai prosedur. Resiko dan akibat buruk yang terjadi ditanggung pengguna (bukan tanggungjawab Admin).

Memasang TWRP Redmi Note 4X (Mido)

Memasang custom recovery di Redmi Note 4X (Mido) bukanlah sebuah keharusan. Tapi untuk teman-teman yang suka mengeksplorasi sistem Android atau ingin mencoba dan menginstall custom rom maka Redmi Note 4X harus sudah terpasang custom recovery seperti CWM / TWRP / Coffee / Philz dan status rooted hukumnya wajib.

Langsung saja, saya sudah siapkan custom recovery TWRP untuk Redmi Note 4X (Mido) yang dibuat untuk mempermudah proses cara memasang TWRP di Mido. Untuk memasang TWRP di Redmi Note 4X kita membutuhkan komputer dengan OS Windows 32-bit atau 64-bit, sedangkan untuk root Redmi Note 4x (Mido) Snapdragon tanpa komputer (PC).

Cara Install TWRP dan ROOT di Redmi Note 4X (Mido)
Install TWRP di Redmi Note 4X

Pertama, pastikan bahwa perangkat Xiaomi sobat dalam status sudah UBL (Unlock Boot Loader).

Kedua, install MiFlashTool.exe hingga selesai.

Ketiga, simpan file lazyflasher-no-verity-opt-encrypt.zip di memory internal MIDO.

Keempat, ekstrak file TWRP kemudian jalankan file INSTALL.bat lalu tekan ENTER maka akan muncul petunjuk dari proses pemasangan TWRP di MIDO.

Kelima, matikan ponsel lalu masuk ke mode fastboot dengan cara tekan tombol Power + Volume Button secara bersamaan sampai muncul gambar logo boneka MIUI (fastboot) baru kemudian lepaskan.

Keenam, dalam keadaan mode fastboot sambungkan ponsel ke komputer melalui kabel data USB, biasanya komputer akan mendeteksi driver ponsel tunggu hingga selesai lalu kemudian tekan ENTER.

Tunggu proses install TWRP di MIDO selesai, jika sukses maka ponsel akan masuk ke recovery TWRP.

Selanjutnya, pada TWRP masuk ke menu Install lalu cari file lazyflasher-no-verity-opt-encrypt.zip yang disimpan di ponsel tadi, kemudian lakukan proses install dengan Swipe ke kanan. Jika sukses lakukan reboot / restart system.

Done. Proses pemasangan TWRP di Redmi Note 4X sukses.

Cara Install TWRP dan ROOT di Redmi Note 4X (Mido)
TWRP dan ROOT Redmi Note 4X

Baca juga: ROM Pixel Experience 8.1 Oreo untuk Redmi Note 4X Snapdragon

ROOT Redmi Note 4X (Mido)

Setelah TWRP terpasang, untuk melakukan proses root Redmi Note 4X cukup mudah. Langkah-langkahnya seperti berikut:

Pertama, simpan file root SuperSU-v2.79.zip di dalam memory internal atau eksternal.

Kedua, masuk ke recovery TWRP (Power + Vol. Bawah) kemudian masuk ke menu Install dan cari file SuperSU-v2.79.zip.

Ketiga, lakukan install file dengan cara Swipe ke sebelah kanan.

Selesai, sekarang Redmi Note 4X sobat sudah dalam keadaan terpasang TWRP Recovery dan status Rooted.

Kurang lebih itulah langkah-langkah cara mudah install TWRP dan Root Redmi Note 4X (MIDO) Snapdragon yang bisa sobat lakukan tanpa komputer. Semoga sukses dan bermanfaat.

Cara Install TWRP dan ROOT di Redmi Note 4X (Mido)