Cara Manual Print Head Cleaning dan Nozzle Check Canon MP287

Cara Manual Print Head Cleaning dan Nozzle Check Canon MP287

Cara Manual Print Head Cleaning dan Nozzle Check -  Canon MP287 merupakan salah satu varian printer produksi Canon yang banyak digunakan oleh kalangan. Selain harga yang relatif murah, printer multifungsi ini juga bisa dimodifikasi dengan menambahkan sistem infus dan perawatan yang tidak terlalu sulit.

Apa bila teman-teman tertarik dengan printer ini, atau akan membeli printer Canon MP287 kondisi baru atau pun bekas, perlu kiranya kita mengecek fungsional printer tersebut normal atau tidak.

Tips dan trik berikut bisa digunakan untuk memeriksa kondisi printer normal atau tidak, yaitu dengan metode cara manual. Trik ini dilakukan langsung dari printer dengan kombinasi tombol atau menu, tanpa perlu menggunakan software atau komputer. Self test ini mulai dari melakukan print head cleaning dan print nozzle check.


Cara Manual Print Head Cleaning dan Nozzle Check Canon MP287


Berikut langkah-langkah cara manual print head cleaning dan nozzle check pada Canon MP287.


Print Head Cleaning

  1. Nyakalan printer, dan pastikan kondisi printer siap;
  2. Tekan tombol Settings (gambar Tang dan Obeng) sebanyak 3 kali sampai muncul huruf "Y" pada display;
  3. Lanjutkan dengan menakan tombol Start Color (untuk print head cleaning catridge color/warna) atau Black (untuk print head cleaning catridge black/hitam).
  4. Jika terdengar suara mesin printer, maka roses print head cleaning sedang berjalan. Tunggu hingga suara mesin berhenti atau selesai.

Print Nozzle Check

Setelah melakukan print head cleaning atau menarik / membuang tinta dari dalam catridge, selanjutnya kita melakukan cek hasil print head cleaning, apakah semua warna hasilnya baik atau belum. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
  1. Nyakalan printer, dan pastikan kondisi printer siap;
  2. Tekan tombol Settings (gambar Tang dan Obeng) sebanyak 1 kali;
  3. Lanjutkan dengan menekan tombol Start Color atau Black untuk proses Print Nozzle Check.

Sudah terlihat hasilnya?

Jika hasilnya belum maksimal atau masih terdapat garis putus-putus pada hasil print nozzle check, coba ulangi Print Head Cleaning beberapa kali supaya tinta merata.

Kurang lebih seperti di atas langkah-langkah cara self test atau cara print test page secara manual tanpa komputer untuk memeriksa kondisi printer Canon MP287 secara manual dengan print head cleaning dan print nozzle check. Semoga bermanfaat.
Sudah ada 2 komentar, berikan komentar kamu di sini.
  1. Assalamualikum,,

    Saya baru beli printer cannon mp287 sekitar 3minggu yg lalu.

    Dalam 3 minggu saya pakai usaha photo copy dan cetak poto dan sakrg timbul masalah yg saya kurang paham.
    1. Lampu ink black menyala ( tanpa kedip )
    2. Lampu ink color menyala ( Tanpa kedip)

    Kasih solusinya donk pak biar kembali normal.

    Nb ; di pakai print masih normal tidak ada kendala dan kondisi printer saya pakai infus dari toko .makasih mohon saranya pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumsalam...
      Jika lampu indikator menyala dan printer masih bisa digunakan, itu bukan masalah, printer mendeteksi bahwa tinta yang digunakan (yang ada pada catridge) bukan tinta original, biasanya tinta bawaan catridge sudah habis dan diganti dgn tinta dari infus.
      Semoga membantu.

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel