Bagaimana Cara Menjadi Seorang Youtuber?

Menjadi seorang Youtuber bisa dikatakan mudah-mudah susah. Kenapa? Jika hanya untuk berbagi video di Youtube saja memang mudah dan sangat mudah, Anda hanya perlu membuat akun Youtube dengan akun Google (GMail) kemudian upload dan selesai. Namun, jika Anda berniat ingin menjadi seorang Youtuber ternama dengan bermodal dari video-video yang di upload pada Youtube tentu ini lain lagi ceritanya. 


Apa itu Youtuber? 
Singkatnya, Youtuber adalah seseorang atau kelompok orang yang menjadikan layanan Youtube sebagai sarana berbagi video, termasuk video: vlog, tutorial, film pendek, review, dan atau kreativitas lainnya. Bermodal dari konten dan video tersebut, seorang Youtuber bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan pendapatan / uang dari iklan yang disematkan pada video.

Menarik bukan? Hanya dengan konten video yang diunggah di Youtube secara gratis, Anda akan dapat uang juga ketenaran.

Tetapi, menjadi seorang Youtuber tidak semudah itu. Ada proses yang perlu Anda ketahui sebelum menjadi suksesnya seorang Youtuber.

Untuk yang baru memulai dan menjadi seorang Youtube, berikut saya akan berbagi tips, bagaimana cara menjadi seorang Youtuber dengan modal video.

Mencari niche atau tema channel Youtube Anda
Langkah pertama yang sangat penting. Buatlah sebuah niche atau tema tentang Channel Youtube Anda dimulai dari hal yang Anda sukai, seperti tentang: Tutorial, Gamming, Hobby, dll. Untuk lebih terarah, pilih tema sesuai yang Anda kuasai atau sukai. Jika tentang Tutorial, buatlah video original bertema tutorial komputer, software atau lainnya. Begitu yang lainnya. 

Membuat konten atau video
Buatlah sebuah konten video original, rekam aktivitas atau dokumentasikan dalam bentuk video yang dihasilkan secara original. Anda bisa merekam sebuah aktivitas hobby kemudian dengan menambahkan / memberikan tips dan trik sebagai nilai tambahnya. Buatlah konten yang berkualitas agar banyak yang melihat video tersebut dan Anda mendapatkan banyak subscribers. 

Kuasai software editing video
Terdapat banyak software editing video, Anda bisa menggunakan Affter Effect, Camtasia Studio, Movie Maker, atau lain-lain. Olah dan edit, potong atau buang bagian-bagian tidak perlu kemudian simpan dengan format file MP4 dengan kualitas HD. 

Upload ke Channel Youtube Anda
Setelah video selesai diolah dan diedit, upload ke akun Channel Youtube Anda. Gunakan judul yang relevan dengan konten tersebut, berikan juga tag sebagia tanda dari kategori konten video tersebut. 

Sabar dan Konsisten
Banyaknya calon Youtuber yang gugur bermula dari hilangnya "SABAR dan KONSISTEN". Sabar dan konsisten ini hilang jika Anda memulai semua ini dengan orientasi UANG. Ingat, Youtuber menjadikan layanan Youtube sebagai sarana berbagi video. Jadi, bagikanlah sebuah video dan upload video dalam satu hari minimal 1 video, atau dalam satu minggu 3 sampai 4 video. Konsisten ini membuat Anda akan lebih banyak mendapatkan subscribers dan mengurangi tingkat kehilangan pelanggan. Setelah Anda mendapatkan banyak view dan subscribers, maka uang akan Anda dapatkan. 

Oke, sepertinya sudah banyak saya mengetik. Huh. 

Kurang lebih itulah yang bisa saya bagikan sebagai tips dalam menggapai impian menjadi seorang Youtuber. Semoga bermanfaat.

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Youtuber?