Blogger.com, Alasan Kenapa Ngeblog di Sini

Mau ngeblog tapi bingung mau pake platform apa? Kalo aku sih pilih Blogger.com aja, soalnya itu platform buatan Google yang kita tahu udah jadi perusahaan ternama banget.

Blogger.com cocok banget buat yang mau share pengalaman, bikin tutorial, atau nulis apapun yang mau dibagikan ke orang lain lewat internet. Sub-domainnya juga unik, yaitu blogspot.com. Jadi kalo mau ngeblog, coba aja pake Blogger.com.

Nah, berikut beberapa alasan kenapa aku pilih Blogger.com tempat untuk ngeblog:

Punya Google

Ya, nama Google yang terkenal bikin kita mikir dua kali buat pilih platform ngeblog. Blogger.com jadi salah satu layanan yang dimiliki Google. Jadi, kalo kita ngeblog di sini, website kita bakal secara otomatis keindex sama mesin pencari Google. Bikin ranking website kita jadi teratas di mata Google. Tentunya ini tergantung sama konten, isi artikel, dan bagaimana kita optimalkan website kita.

Cukup Satu Akun

Tau nggak sih? Kalau punya akun Google, kamu bisa masuk ke layanan Google lain, kayak Blogger.com. Akun Google disini maksudnya akun GMail. Jadi, salah satu syarat buat daftar dan join di Blogger.com adalah punya akun Google (GMail). Kalo pake akun GMail aja, udah bisa bikin blog di Blogger.com. Gampang kan?

Gratis!

Gak usah ditanya lagi, semua orang pasti lebih suka yang gratis daripada yang harus bayar. Ada yang gratis, kenapa harus bayar? Kalo buat pemula kayak aku, ngeblog cuma buat share aja, jarang posting artikel. Jadinya layanan blogging gratis aja udah cukup. Tapi jangan salah, layanan blogging gratis ini nggak murahan. Layanan dan fiturnya di Blogger.com terbilang lengkap dan memuaskan.

Gampang Buat Pemula

Blogger.com punya interface yang friendly atau gampang dipahami, jadi gampang banget buat pemula ngeblog. Mulai dari bikin blog, ngepost artikel, sampe ngatur blog, semuanya gampang dipahami.

Banyak Template

Di Blogger.com, kita bisa ngecustom tampilan blog sesuai keinginan. Ada banyak pilihan template yang disediain sama Blogger.com atau bisa juga import template dari luar. Ada banyak website yang nyediain template blogger gratis atau yang harus bayar buat bikin tampilan blog jadi lebih keren.

Bebas Iklan

Gak cuma itu, Google gak nyisipin iklan di layanan blog Blogger.com/blogspot yang kita kelola. Google bakal nambahin iklan kalo kita udah ada kerjasama sama Google sebagai penerbit iklan.

Bisa Ganti Link

Kalo kita merasa link atau URL postingan di blog kurang relevan sama judul atau terlalu panjang, bisa mengubahnya dengan mengedit link atau URL postingan blog tersebut, tapi ini cuma bisa sekali aja.

Bisa Custom Domain

Setiap blog yang dibuat di Blogger.com secara default punya domain sama sub-domain blogspot.com, contohnya: nama-blog.blogspot.com. Tapi kita bisa ganti sama domain TLD (Top Level Domain) yang lebih mudah diinget dan terlihat lebih profesional, contohnya: nama-blog.com, nama-blog.id, nama-blog.net, dan lainnya.

Nggak Pernah Down

Di Blogger.com, kita gak usah khawatir sama masalah bandwith atau server yang down karena trafik yang besar. Google kasih bandwith unlimited buat semua layanan produknya.

Bisa Pasang Iklan

Blogger.com bikin kita bebas pasang iklan di blog. Mau pasang iklan dari mana pun atau siapapun, iklan bentuk gambar atau lainnya. Kalo kita punya banyak visitor setiap harinya, pasti penerbit iklan nggak ragu bayar kita buat tampilin produknya di blog kita.

Bisa Daftar AdSense

Adsense itu program kerjasama periklanan di internet yang masih punya Google. Banyak pengelola blog yang jadikan Adsense sebagai primadona nya iklan. Tapi nggak semua blog bisa kerjasama sama Google buat tampilin iklan Adsense di blog. Google punya aturan yang cukup ketat buat publisher yang mau kerjasama sama Google buat periklanan. Selain aturan yang ketat, kualitas artikel dan statistik blog juga harus baik.

Fitur Lainnya

Sebenarnya masih banyak lagi alasan buat pilih Blogger.com buat ngeblog. Di atas cuma beberapa alasan dan pengalaman pribadi yang bisa aku share setelah pake Blogspot/blogger jadi platform ngeblog. Masih ada banyak fitur lain yang bisa dipake di Blogger.com.

Akhir Kata

Jadi, itulah beberapa alasan mengapa aku memilih Blogger.com sebagai platform untuk ngeblog. Dari segi kemudahan penggunaan, pilihan tampilan yang bisa disesuaikan, kebebasan iklan, kemudahan monetisasi, hingga keunggulan lainnya seperti tidak pernah down dan bisa pasang Adsense, Blogger.com memang menjadi pilihan tepat bagi aku dan mungkin juga bagi kamu yang ingin terjun ke dunia blogging.

Jangan ragu untuk mencoba dan membuat blog pertama kamu di Blogger.com, siapa tahu ini adalah pilihan terbaik yang akan menemani kamu dalam mengelola blog kamu.

Komentar