Alasan Mengapa Saya Memilih Ngeblog dengan Blogger.com

Alasan Mengapa Memilih Ngeblog dengan Blogger.com – untuk Anda yang ingin terjun ke dunia blogger, menulis artikel, tutorial, berbagi pengalaman ataupun bentuk tulisan lainnya dan menerbitkannya ke dunia internet yang sangat luas ini, Blogger.com adalah pilihan terbaik yang bisa Anda pilih sebagai platform blogging.

Blogger.com merupakan salah satu layanan blogging yang dimiliki perusahaan raksasa internet masa kini, Google. Nama besar ini tentunya menjadi salah satu alasan besar kebanyakan blogger memilih Blogger.com sebagai salah satu platform yang dipilih sebagai sarana blogging. Ciri khas dari platform ini adalah memiliki sub-domain blogspot.com.


Lalu, apa alasan lainnya harus memilih Blogspot.com sebagai platform blogging? Berikut ini saya berikan alasan-alasan kenapa harus memilih Blogspot.com?

Alasan Mengapa Saya Memilih Ngeblog dengan Blogger.com



Blogger.com punya Google

Lagi-lagi, nama besar Google menjadi pertimbangan. Blogger.com adalah salah satu layanan yang dimiliki Google. Inilah alasan pertama kenapa harus memilih Blogger.com sebagai platform Anda dalam blogging. Blog Anda akan secara otomatis dapat terindext ke mesin pencari Google dan memiliki ranking yang teratas di mata Google. Tentunya ini bergantung pada konten, isi artikel dan pengoptimalan blog Anda.

Cukup satu akun

Tahukan Anda? Memiliki akun Google berarti Anda dapat masuk ke layanan Google lainnya, seperti Blogger.com. Akun Google disini maksudnya adalah akun GMail, karena salah satu persyaratan mendaftar dan bergabung di Blogger.com adalah memiliki akun Google (GMail). Cukup menggunakan akun GMail, Anda sudah bisa membuat blog di Blogger.com.

Baca juga:

Karena gratis tentunya

Tidak bisa dipungkiri, semua orang lebih suka yang gratis daripada yang berbayar. Ada yang gratis, kenapa harus bayar? Bagi pemula seperti saya, blogging hanya sekedar share dan jarang aktif untuk posting artikel, tentu saja layanan blogging yang gratis sangat dicari karena sesuai dengan keperluan. Eiits, tetapi layanan blogging gratis ini tidak murahan. Layanan dan fitur yang ada pada Blogger.com terbilang cukup lengkap dan memuaskan.

Mudah digunakan untuk pemula

Blogger.com memiliki interface friendly atau sederhana, yang memudahkan para pemula dalam mengelola blog. Membuat blog, memulai, posting artikel sampai melakukan pengaturan blog bisa dilakukan dan mudah dipahami.

Mudah kostumisasi tampilan

Blogger.com/blogspot memberikan keleluasaan kepada pengguna untuk mengkostumisasi tampilan blog nya dengan pilihan tamplate yang disediakan atau mengimfor template dari pihak ketiga. Banyak website penyedia template blogspot gratis hingga berbayar yang bisa Anda gunakan untuk mempercantik tampilan blog.

Baca juga

Bebas iklan

Alasan lainnya, Google tidak menyisipkan iklan pada layanan blog Blogger.com/blogspot yang Anda kelola. Google akan menambahkan iklan jika sudah terjalin kemitraan/kerjasama antara Anda sebagai pengelola blog dengan Google sebagai penerbit iklan.

Bisa ganti URL/permalink 

Jika Anda merasa URL/permalink dari sebuah postingan di blog kurang relevan dengan judul atau terlalu panjang, Anda bisa mengeditnya untuk satu kali saja.

Baca juga

Custom domain

Setiap blog yang dibuat di Blogger.com secara default akan memiliki domain dengan sub-domain blogspot.com, sebagai contoh: nama-blog.blogspot.com. Anda bisa menggantinya dengan domain TLD (Top Level Domain) seperti contoh: nama-blog.com agar mudah diingat dan terlihat lebih profesional.

Baca juga

Bandwith tidak terbatas dan tidak pernah down

Di Blogger.com/blogspot, Anda tidak perlu khawatir masalah bandwith atau server yang down akibat besarnya trafik kunjungan visitor ke blog Anda. Google memberikan bandwith unlimited untuk semua layanan produknya.

Monetisasi iklan

Blogger.com/blogspot memberikan kebebasan penggunanya untuk memasang iklan pada blog. Dengan memiliki banyak visitor setiap harinya, penerbit iklan tidak akan ragu untuk membayar Anda agar produknya dapat ditampilkan di blog Anda.

Memasang Adsense

Adsense adalah program kerjasama/kemitraan periklanan di internet yang diselenggarakan Google. Adsense masih menjadi primadona bagi kebanyakan pengelola blog. Tidak semua blog bisa bekerjasama dengan Google untuk menampilkan iklan Adsense di blog. Google menerapkan aturan yang cukup ketat bagi publisher yang ingin bekerjasama dalam periklanan dengan Google. Selain aturan yang cukup ketat, kualitas artikel dan statistik blog juga harus baik.

Apalagi ya?

Sebenarnya masih banyak lagi alasan-alasan memilih ngeblog menggunakan Blogger.com. Di atas adalah alasan dan pengalaman saya pribadi yang bisa saya share setelah menggunakan Blogspot/blogger sebagai paltform untuk ngeblog. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa memulai membuat blog dengan mendaftar secara gratis di Blogger.com dan tambahkan pengalaman Anda bagaimana setelah menggunakan Blogger.com sebagai platform untuk ngeblog.

Sekian, semoga bisa bermanfaat.

Alasan Mengapa Saya Memilih Ngeblog dengan Blogger.com