Cara Menerima Pembayaran Adsense Melalui Jenius BTPN

Awal tahun 2021, Google akan menghentikan pembayaran Adsense melalui Western Union. Sangat disayangkan, karena Western Union (WU) merupakan metode pembayaran alternatif terbaik untuk para publisher Indonesia yang memiliki dashboard Dollar.

Sebelumnya, Google telah menonaktifkan metode pembayaran Adsense melalui Western Union untuk pengguna baru. Namun untuk pengguna lama, WU merupakan metode pembayaran yang sangat penting.

Pembayaran Adsense melalui Western Union memang cukup menarik, untuk mencairkan uang Adsense harus mengambil langsung ke Kantor Pos. Selain itu, pencairan Adsense melalui Western Union tidak mendapat potongan atau biaya.

Mencairkan Adsense Melalui Jenius BTPN

Singkat cerita, saya sendiri pengguna Adsense Dollar yang sedang mencari dan memilah metode pembayaran alternatif untuk menggantikan Western Union. 

Dan setelah mencari referensi mencairkan Adsense melalui bank lokal tanpa biaya potongan, saya tertarik untuk mencoba menggunakan rekening Jenius BTPN sebagai alat pembayaran Adsense Dollar.

Juga banyak saran dari para sesepuh Adsense untuk mencairkan Adsense lewat Jenius BTPN karena tidak ada potongan biaya dari Dollar ke Rupiah. Semakin menarik, apakah benar pembayran Adsense lewat Jenius tidak ada potongan? Mari kita lanjutkan.

Menambahkan Jenius BTPN sebagai Pembayaran Adsense

Sebelum kita lanjut mengatur rekening Jenius BTPN sebagai metode pembayaran Adsense, pastikan kamu sudah memiliki rekening akun Jenius yang terverifikasi. 

Jika kamu belum punya rekening Jenius, saya buatkan tutorial Cara Membuat Rekening Jenius BTPN Tanpa NPWP yang sudah diposting sebelumnya.

Selanjutnya, kita masuk ke langkah-langkah cara setting rekening Jenius BTPN untuk pembayaran Adsense Dollar.

  1. Pertama, silahkan login ke akun Adsense
  2. Klik menu Pembayaran di samping kiri, lalu pilih Kelola Metode Pembayaran 
  3. Menambahkan Jenius BTPN sebagai Pembayaran Adsense
  4. Pada Tambahkan Metode Pembayaran, pilih Tambahkan detail transfer kawat baru
  5. Rekening Jenius BTPN sebagai Pembayaran Adsense
  6. Kemudian isi kolom yang tersedia dengan data kamu miliki, seperti:
  7. Kore SWIP Jenius Adsense
  8. Ceklist di bagian Tetapkan sebagai metode pembayaran utama
  9. Terakhir, klik Simpan.

Keterangan:

  • ID Penerima (Optional): Kosongkan saja
  • Nama pada rekening bank: Isi dengan nama lengkap kamu sesuai dengan nama di rekening Jenius
  • Nama Bank: Isi dengan PT BANK BTPN TBK
  • SWIFT BIC: Isi dengan kode SUNIIDJA
  • Nomor Rekening: Isi dengan nomor rekening Jenius kamu.
  • Ketik ulang Nomor Rekening: Isi dengan nomor rekening Jenius kamu.
  • Bank perantara: Kosongkan saja
  • Nama bank perantara: Kosongkan saja
  • SWIFT BIC perantara: Kosongkan saja
  • FFC atau FBO: Kosongkan saja

Sampai di sini kita sudah berhasil menambah dan mengatur rekening Jenius BTPN sebagai metode pembayaran Adsense. 

Verifikasi Rekening

Untuk pengguna baru atau Adsense Rupiah, setelah mengatur rekening Jenius untuk pembayaran Adsense, selanjutnya Google akan mengirimkan atau mentransfer sejumlah uang dengan nominal kurang dari Rp1.000,-. Nilai uang yang dikirimkan tersebut nantinya digunakan sebagai kode untuk verifikasi rekening.

Proses pengiriman kode biasanya membutuhkan waktu 1 hingga 3 hari kerja. Lakukan pengecekan pada rekening Jenius kamu untuk memastikan kode telah diterima. 

Jika kiriman dari Google sudah masuk ke rekening Jenius, buka kembali akun Adsense dan masuk ke menu Pembayaran lalu pilih Verifikasi pada rekening baru ditambahkan.

Pada kolom Pilih Jumlah, masukkan nominal sesuai angka yang dikirimkan Google ke rekening, lalu klik Verifikasi.

Jika berhasil, muncul pesan seperti: Rekening bank Anda siap digunakan.

Selamat, sekarang kamu sudah berhasil menambahkan rekening Jenius sebagai metode pembayaran Adsense.

Sedangkan untuk pengguna Adsense Dollar yang semula menggunakan pembayaran Western Union (WU) dan ingin mengganti ke rekening Jenius BTPN, tidak perlu melakukan verifikasi rekening.

Selanjutnya, kamu tinggal menunggu saldo Google AdSense memenuhi batas minimum pembayaran sehingga tanggal 22 tiap bulannya bisa masuk rekening Jenius.

Kesimpulan

Pembayaran Adsense Dollar ke rekening Jenius otomatis dikonversi menjadi Rupiah, nilai tukar Dollar ke Rupiah ditentukan oleh nilai kurs yang berlaku pada hari itu.

Apakah pencairan Adsense Dollar ke rekening Jenius BTPN ada potongan?

Mendengar pengalaman dari pengguna yang mencairkan Adsense Dollar ke Jenius pada tahun 2020 tidak ada potongan atau biaya. 

Namun demikian, hal itu merupakan salah aturan dan kebijakan dari bank tersebut yang mungkin tetap dan bisa berubah.

Lalu, bagaimana pembayaran Adsense lewat Jenius tahun 2021, apakah ada potongan?

Untuk melengkapi informasi tersebut, postingan ini akan saya perbaharui dan disambung dengan pengalaman saya mencairkan Adsense Dollar ke rekening Jenius. Jika lancar, pada pembayaran bulan Januari 2021 ini.  

Kurang lebih itulah tutorial cara menerima pembayaran Adsense melalui Jenius dengan menambahkan Jenius sebagai pembayaran Google AdSense. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Komentar