Mengenal Sejarah Komputer dari Generasi ke Generasi

Komputer adalah sebuah perangkat elektronik canggih yang memiliki manfaat banyak dalam kehidupan manusia, komputer yang kita kenali saat ini jauh berbeda dengan beberapa tahun silam, mulai dari bentuk, kecepatan, ukuran daya serta penggunaannya. Untuk menambah pengetahuan kita, mari Mengenal Sejarah Komputer dari Generasi ke Generasi.

Sejarah Komputer Generasi Pertama

Komputer pertama diciptakan pada tahun 1940 – 1950, komputer pertama ini menggunakan tabung vakum yang sangat besar dan kompleks seperti Crystal Diodes, Resistors relays dan Capasitor yang mengunakan daya listrik yang sangat besar sekitar 150 KW.

Mengenal Sejarah Komputer dari Generasi ke Generasi
gambar: tutorialspoint.com

Komputer Generasi Pertama ini dapat kategorikan dengan fakta bahwa instruksi/perintah pengoperasiannya dibuat secara spesifik untuk tugas-tugas tertentu. Setiap komputer mempunyai program kode-biner berbeda-beda yang disebut dengan bahasa mesinnya yang dalam bahasa Inggrisnya adalah “machine language”. Hal ini menjadikan komputer masih sangat sulit untuk diprogram dan masih sangat terbatas kecepatannya.

Ciri-ciri lain dari komputer generasi pertama adalah pemakaian tube vakum (yang menjadikan komputer pada masa itu tampak berukuran sangat besar) dan silinder magnetik yang berfungi untuk sebagai penyimpan data.

Sejarah Komputer Generasi Kedua

Komputer Generasi Kedua ini muncul pada tahun 1955 – 1960. Komputer pada generasi ini sudah menggunakan transistor dan sudah mengganti tabung nya degan desain yang lebih kecil serta daya, dan bentuknya lebih jauh kecil dari komputer pengeluaran pertama. Komputer menggunakan transistor pertama kali dirancang pada Tahun 1953 oleh University of Manchester.

Dengan konsep ini, komputer sudah dapat mencetak seperti faktur pembelian konsumen dan kemudian sudah bisa menjalankan desain produk atau menghitung gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman yang sering digunakan pada Komputer Generasi Kedua adalah Common Business-Oriented Language disingkat COBOL dan Formula Translator atau disingkat FORTRAN, telah mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini telah menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata, kalimat, dan rumus matematika yang lebih mudah dipahami oleh pengguna.

Sejarah Komputer Generasi Ketiga

Komputer Generasi Ketiga pada tahun 1960, Generasi Komputer ini sudah menggunakan sistem Microchip atau disebut dengan Integrated Circuit (IC) ini lah menjadi dasar rangkaian dari komputer sekarang ini, yang suda berbentuk jauh lebih kecil dari Generasi Komputer Sebelumnya, dengan menanamkan Transistor yang lebih banyak kedalam microchip tunggal.

Komputer microchip muncul pertama kalinya didasar pada kedua transistor dan microchip, komputer generasi ketiga ini dikenal juga dengan mainframe komputer kemudian para ilmuwan telah berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal pada Komputer Generasi Ketiga ini yang dinamakan semikonduktor sehingga dapat menghasilkan sebuah komputer yang semakin kecil karena komponen yang ada di dalamnya dapat dipadatkan dalam chip.

Kemajuan komputer generasi ketiga sudah menggunaan sistem operasi atau “Operating System” (OS), yaitu suatu sistem yang memungkinkan mesin dapat menjalankan berbagai program yang berbeda secara bersamaan dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori mesin komputer.


Sejarah Komputer Generasi Keempat

Komputer Generasi Keempat ini pada tahun 1971, Generasi ini sudah menggandalkan Microchip berbasis Central Processing Unit (CPU). Generasi ini yang pertama kali memakai Central Processing Unit tetapi masih menggunakan beberapa Mecrochip degan perkembangan komputer ilmuan telah berhasil membuat Single chip CPU, dimana semua komponen CPU yang berkaitan dapat dimasukkan kedalam satu microchip tunggal atau disebut juga dengan Microprocessor, setelah munculnya microprocessor mampu menghadirkan evolusi dari microcomputer seperti komputer pada saat sekarang ini.

Kurang lebih itulah Sejarah Komputer dari Generasi ke Generasi yang pernah ada di dunia yang perkembangannya sudah sangat canggih seperti sekarang ini yang mampu menghadirkan bentuk dan kemasan yang baru seperti Laptop dan Notebook. Semoga informasi sejarah generasi komputer ini bisa bermanfaat dan menjadi pengetahuan bagi kita.

Mengenal Sejarah Komputer dari Generasi ke Generasi