Cara Mengatasi Leverage Browser Caching GTmetrix di Blogger

Cara Mengatasi Leverage Browser Caching GTmetrix di Blogger
Blog dengan loading yang cepat sangatlah penting, salah satu alasan utama kenapa kita harus mengoptimalkan loading blog cepat adalah untuk kenyamanan pengunjung. Blog dengan loading cepat bukan sekedar untuk memanjakan pengunjung, tetapi load blog cepat sudah menjadi sebuah skor untuk SEO blog. Berikut ini cara mempercepat loading blog dengan Mengatasi Leverage Browser Caching di Blogger.

GTmetrix.com, sebuah web yang umum digunakan sebagai tool untuk melihat seberapa cepat proses loading blog / website. Pada hasil analisis GTmetrix kita akan melihat beberapa data dan masalah yang harus diperbaiki, Leverage Browser Caching merupakan masalah yang sering muncul dan memberi pengaruh terhadap kecepatan loading blog.

Leverage Browser Caching berfungsi mengatur masa kadaluarsa atau batas usia maksimal header HTTP / HTTPS yang memiliki hubungan dengan sumber seperti JavaScript, CSS dan gambar yang bersifat statis.

Masalah Leverage Browser Caching pada GTmetrix menginstruksikan browser agar memuat source code yang telah didownload sebelumnya di penyimpanan internal.


Mengatasi Leverage Browser Caching di Blogger

Untuk mengatasi masalah Leverage Browser Caching di blogger / blogspot.com caranya cukup mudah, yaitu dengan menambahkan beberapa baris kode ke dalam template blog.

Silahkan buka dashboard blog dan masuk ke menu Tema lalu pilih Edit HTML. Kemudian salin kode di bawah ini dan letakkan tepat di atas kode </head>.

<include expiration='7d' path='*.css'/>
<include expiration='7d' path='*.js'/>
<include expiration='3d' path='*.gif'/>
<include expiration='3d' path='*.jpeg'/>
<include expiration='3d' path='*.jpg'/>
<include expiration='3d' path='*.png'/>

Selanjutnya simpan Tema / Template blog.


Untuk melihat hasil atau perubahan dari memperbaiki Leverage Browser Caching di Blogger setidaknya membutuhkan waktu kurang lebih satu minggu. Anda bisa mengecek kembali hasil perubahannya di web GTmetrix.com.

Kurang lebih itulah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi Leverage Browser Caching GTmetrix, semoga postingan ini bisa membantu dan bermanfaat.
Komentar