[SUKSES] Downgrade MIUI 9.5 via Mi Recovery (Updater) Xiaomi Tanpa PC & UBL

Banyak alasan kenapa para pengguna Xiaomi ingin downgrade dari MIUI terbaru, hadirnya fitur menarik ternyata bukan menjadi alasan seorang melakukan update dan menaikan versi OS ke yang terbaru. Dari keluh kesah para pengguna Xiaomi saat ini banyak dari mereka mengeluhkan apa yang terjadi pada update terbaru MIUI 9.5 yaitu tidak bisa memasang tema pihak ketiga.

Konten
  1. Apa itu tema pihak ketiga (3rd-party)
  2. Pertanyaan yang sering muncul
  3. Persiapan dan bahan
  4. Cara downgrade MIUI 9.5 via Updater

Apa itu tema pihak ketiga (3rd-party)

Mungkin ada dari teman-teman khususnya pengguna baru hape Xiaomi belum tahu apa itu tema pihak ketiga? atau third-party themes?.

Tema pihak ketiga adalah tema yang berasal dari pihak ketiga atau bukan dari Theme Store Xiaomi MIUI. Maksudnya, tema pihak ketiga itu tema yang beredar di internet (google) yang dibagikan di situs web atau blog.

Tema pihak ketiga dianggap sebagai tema unofficial yang artinya tema tersebut tidak resmi. Namun, tema-tema dari pihak ketiga bagus-bagus dan meberikan pengalaman lebih.

Pada pembaruan terbaru MIUI 9.5, Xiaomi juga memperbarui kebijakan tentang penerapan tema dari pihak ketiga menjadi lebih ketat demi keamanan sehingga pada versi terbaru saat ini sudah tidak bisa mengimpor dan menerapkan tema diluar theme store Xiaomi.

Saya tahu betapa menyebalkannya ini, apa lagi jika Anda memiliki banyak koleksi tema mtz keren untuk Xiaomi MIUI dan yang suka gonta-ganti tema dan dari pihak ketiga.


Salah satu solusi yang bisa menerapkan tema pihak ketiga di MIUI 9.5 saat ini adalah dengan menggunakan aplikasi MiRape, namun ini belum begitu sempurna dan dalam beberapa menit setelah tema diterapkan melalui MiRape kembali ke default.

Jika Anda ingin memiliki akses bebas menerapkan tema pihak ke tiga, solusi terbaik adalah downgrade versi MIUI ke versi sebelumnya yang masih bisa menggunakan dan menerapkan tema pihak ketiga.

Pertanyaan yang sering muncul

Bagaimana cara downgrade dari MIUI 9 terbaru ?

Siapkan dulu ROM downgradenya, nanti diflash melalui Mi Recovery

Apakah downgrade harus sudah UBL dan ROOT ?

Tidak harus, tanpa UBL atau TWRP bisa downgrade MIUI.

Bisa engga downgrade dari MIUI V9.5.8.0 langsung ke V9.0.5.0 ?

Downgrade yang aman turun satu tingkat dari versi sebelumnya (yang digunakan).

Apakah downgrade bakalan ngehapus data yang ada di penyimpanan internal ?

Benar. Sebaiknya backup data sebelum downgrade.

Downgrade melalui Mi Recovery atau Updater bakal bootloop ?

Jika sesuai dengan langkah yang benar, maka proses downgrade melalui Mi Recovery atau Updater akan aman.

Bagi teman-teman yang ingin downgrade Xiaomi MIUI, Anda berada di tempat yang tepat. Karena pada postingan ini saya bagikan tutorial cara downgrade MIUI melalui Updater tanpa UBL ROOT atau TWRP. Ya, ini adalah langkah mudah untuk melakukan upgrade MIUI secara aman dengan langkah yang benar.

Downgrade MIUI 9.5 via Mi Recovery (Updater) Xiaomi Tanpa PC

Cara Downgrade ROM Xiaomi lewat Updater Tanpa ROOT dan TWRP

  • Tutorial ini dapat menyebabkan hilangnya data, foto, dokumen dan file yang terdapat di penyimpanan internal, dan memiliki resiko bootloop (hard-brick)
  • kuti langkah-langkah downgrade step by step
  • Pastikan download ROM MIUI yang sesuai dengan device dan satu tingkat lebih rendah dari versi terbaru

Pada tutorial ini saya menggunakan Xiaomi Redmi 5a dan mencoba downgrade dari MIUI 9.5.6.0 ke MIUI 9.2.4.0 Global Stabil melalui Updater tanpa ROOT dan TWRP.

Downgrade MIUI 9.5 via Mi Recovery (Updater) Xiaomi Tanpa PC

Cara downgrade MIUI via MI Recovery atau Updater berlaku untuk semua jenis hape Xiaomi Redmi dan seri MI dengan mengikuti langkah-langkah yang benar.

Persiapan

Sebelum kita mulai ke tahap menurunkan versi MIUI tanpa PC, beberapa hal perlu kita siapkan.


1. Download ROM

Download ROM Xiaomi versi lebih rendah satu tingkat dari rom yang saat ini digunakan, contoh: ROM terbaru Redmi 5a MIUI 9.5.6.0 dan rom sebelumnya MIUI 9.2.4.0 (bisa tema pihak ketiga), maka download rom MIUI 9.2.4.0.
  • Untuk mendownload ROM MIUI, silahkan buka situs MIUI http://en.miui.com/download.html, kemudian pilih device atau seri hape Xiaomi yang digunakan.
  • Jika menggunakan ponsel, beralih tampilan web ke mode PC.
  • Downgrade MIUI 9.5 via Mi Recovery (Updater) Xiaomi Tanpa PC

2. Backup

Salin atau backup data, foto, dan kontak penting yang terdapat di ponsel, proses ini bisa menyebabkan data pada penyimpanan internal hilang / terhapus.

3. Logout akun Mi

Demi keamanan dan proses yang lebih mudah, keluarkan akun Mi dari perangkat.

4. Rename dan simpan file

Ubah nama atau rename file ROM yang telah di download menjadi update.zip, kemudian simpan file ROM yang sudah direname tadi ke dalam folder download_ROM (jika tidak ada folder download_ROM bisa dibuat secara manual)

    Apabila persiapan di atas sudah lengkap dan dilakukan, selanjutnya kita masuk ke proses downgrade.

    Cara downgrade MIUI 9.5 via Updater

    1. Buka Setelan > Tentang ponsel > Pembaruan sistem atau bisa diakses di menu Updater
    2. Pilih tanda titik tiga dipojok kanan atas kemudian Pilih paket pembaruan
    3. Cari dan pilih file ROM MIUI 9.2 (ROM downgrade)
    4. Reboot, proses booting ini memakan waktu sekitar 10-20 menit.
    5. Jika terdapat masalah seperti force close di setiap aplikasi, lakukan nomor 6:
    6. Reset pabrik / Setel ulang: Masuk ke Pengaturan > Setelan tambahan, masuk ke Cadangkan & Setel Ulang > Kembalikan ke setelan pabrik kemudian pilih Setel ulang telepon, atau
    7. Wipe data: Matikan ponsel kemudian tekan tombol power dan tombol volume + secara bersamaan beberapa detik sampai terasa getar. Selanjutnya pilih Wipe data, kemudian pilih Reboot
    8. Ponsel akan booting dengan kondisi full fresh seperti baru di flash / install ulang
    9. Selesai

    Sampai tahap ini kita telah selesai melakukan downgrade MIUI, pada proses booting pertama memakan waktu cukup lama seperti biasanya booting setelah selesai flash rom. Setel ulang telepon atau Wipe data menghapus semua data di memori internal, ponsel akan boot dan kembali ke pengaturan awal seperti halnya ponsel baru.

    Saat layar membuka perlu mengkonfigurasi ulang, sepeti mengatur SIM data, login ke akun Mi dan pengaturan lainnya.

    Selemat, kamu telah sukses melakukan downgrade dari MIUI 9.5 melalui Mi Recovery (Updater) Xiaomi tanpa PC tanpa ROOT tanpa TWRP dan tanpa Unlock Boot-loader (UBL).

    Bagikan postingan [SUKSES] Downgrade MIUI 9.5 via MI Recovery (Updater) Xiaomi Tanpa PC & UBL jika bisa memberikan manfaat dan membantu pengguna MIUI melakukan downgrade sendiri melalui hape.
    Komentar