Cara Install Google Augmented Reality (AR Stickers) di Xiaomi

Postingan kali ini saya bagikan tutorial Cara Install Google Augmented Reality (AR Stickers) pada Xiaomi Devices, sebelum dibagikan tentu saja tutorial ini sadah saya coba terlebih dahulu di perangkat Redmi Note 4X (MIDO) menggunakan rom Pixel Experience 8.1.0 Oreo. Yuhu, saya masih stay di custom rom Pixel Experience Oreo karena masih merasa nyaman tergiur dengan fitur terbarunya.
Google

Apa itu Google Augmented Reality (AR Stickers)

Sedikit saya jelaskan dari yang saya ketahui, Google Augmented Reality (AR Sticker) adalah teknologi terbaru berupa aplikasi fitur yang memungkinkan dapat menggabungkan sebuah benda maya dua atau tiga dimensi ke dalam lingkungan nyata yang ditampilkan di layar ponsel pintar. Jadi teman-teman bisa menambahkan sebuah benda maya dua atau tiga dimensi dalam aktivitas gambar atau video yang diambil dari smartphone.

AR Sticker dapat men-tracking secara real-time aktivitas dari lensa kamera dan sobat dapat menambahkan benda maya yang tersedia dari fitur Google Augmented Reality seperti animasi, karakter Start Wars, gambar dua dimensi, dan lainnya sehingga menghasilkan sebuah visual antara benda maya dan nyata terlihat menjadi satu bagian.

Google AR banyak digunakan dalam bidang-bidang seperti militer, industri manufaktur, kesehatan, dan saat ini telah merambah dan sudah banyak diaplikasi di perangkat-perangkat telepon genggam, salah satunya pada produk terbaru dari perangkat selular Google Pixel 2.

Baca juga: ROM Pixel Experience Oreo untuk Redmi Note 4X

Google Augmented Reality on Xiaomi Devices

Ya, sekarang kita bisa install Google AR di MIDO. Pengguna Redmi Note 4X bisa memasang dan menjalankan Google Augmented Reality di MIDO. Sudah saya coba dan benar berhasil. Google AR berjalan lancar peda perangkat Redmi Note 4X.

Download Google AR Stickers Xiaomi Redmi Note 4X (MIDO)

Ketika saya memasang AR Sticker di MIDO, perangkat Redmi Note 4X saya dalam keadaan menggunakan custom rom Pixel Experience 8.1.0 Oreo. Belum dicoba install Google Augmented Reality di rom MIUI Android 6.1 Marshmallow, 7.1 Nougat dan 8.0 Oreo.

Baca juga: Cara Root Android Oreo

PERHATIAN
Tutorial pasang Google AR Stickers pada Redmi Note 4X (MIDO) ini berhasil dengan menggunakan custom rom Pixel Experience 8.1.0 Oreo. Saya tidak menjamin apakah ini akan berhasil pada perangkat Xiaomi lain yang menggunakan Android 8.0 Oreo atau Nougat 7.1. Segala konsekuensi dan keputusan ada pada sobat.

UPDATE:
Tested Work:
  • Redmi Note 4X ROM 8.1.0 Oreo (Pixel Experience, Cardinal, etc)
  • Redmi Note 3 (Pixel Experience, Cardinal, etc)

Persyaratan:
  • Android Oreo 8.1.0 (WORK di Pixel Experience 8.1.0)
  • Status Rooted


Tutorial Install Google AR Stickers Xiaomi (MIDO):

  1. Install AR Core dan AR Stickers
  2. Buka aplikasi Root Explorer, copy file calibration_cad.xml dan paste atau letakkan ke folder /system/etc
  3. Masih di Root Explorer, buka folder system dan edit file build.prop kemudian tambahkan kode di bawah ini tepat di akhir kode build.prop: ro.config.calibration_cad=/system/etc/calibration_cad.xml
  4. Terakhir, Rreboot / Restart ponsel sobat.

Setelah reboot, untuk tes apakah Google Augmented Reality (AR Stickers) sukses sudah terpasang di Xiaomi Redmi Note 4X (MIDO) silahkan sobat buka aplikasi Google Kamera dan lihat di bagian menu apakah ada pilihan AR Sticker? Jika ada option “AR Sticker” berarti sukses install Augmented Reality on MIDO.

Jika tutorial cara install Google Augmented Reality (AR Stickers) di atas kurang jelas, sobat bisa mengikuti tutorial dalam bentuk video berikut ini:


Apabila sobat mengalami masalah kamera dan AR Sticker tidak sinkron, silahkan sobat reboot ponsel dan coba lagi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

3 Responses to "Cara Install Google Augmented Reality (AR Stickers) di Xiaomi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel