Cara Memperbaiki Tombol Keyboard Laptop yang Tertukar

Postingan kali ini saya mau berbagi tutorial cara memperbaiki tombol keyboard laptop atau notebook yang tertukar. Jadi begini, kemarin saya menemukan sebuah masalah pada laptop teman yang memiliki permasalahan yaitu keyboard laptop error jadi tertukar ketika ditekan tombol huruf Y keluar huruf Z, tombol [ keluar huruf simbol C dan begitu yang lainnya.


Laptop yang mengalami error tombol huruf keyboard laptop tertukar ini adalah Asus X453M dengan menggunakan sistem operasi Windows 10. Mula-mula saya menduga tombol huruf keyboard tertukar ini karena kerusakan perangkat keyboard dan harus segera diganti. Tetapi setelah saya buka pada menu Setting ada beberapa pengaturan dasar yang sudah di ganti oleh pengguna (teman saya). Jadi, dugaan kerusakan keyboard tersebut saya bantah dan mencoba mencari sebab dan akibat error tombol keyboard laptop tertukar. Dan akhirnya saya dapatkan solusinya.

Baca juga: Cara Mengetahui Merk dan Tipe Laptop Melalui CMD

Cara Memperbaiki Tombol Keyboard Laptop yang Tertukar


Benar saja, permasalahan error tombol keyboard laptop yang huruf nya tertukar pada laptop Asus X453M Windows 10 tersebut bukan karena perangkat keras keyboard nya, tetapi pada pengaturan dasar yang telah diutak-atik oleh pengguna itu sendiri.

Nah, untuk teman-teman yang mengalami hal sama masalah tombol keyboard error huruf jadi tertukar jangan panik dan khawatir karena cara memperbaiki huruf tertukar pada laptop cukup mudah. Tombol keyboad laptop yang huruf nya tertukar terjadi karena pengaturan bahasa pada sistem operasi Windows 10 tersebut telah dirubah dari bahasa default (English US) ke bahasa Indonesia atau bahasa lain. Hal tersebut ternyata membuat perubahan pada sistem input keyboard. Berikut ini adalah langkah-langkah cara memperbaiki tombol keyboard laptop huruf yang tertukar yang bisa sobat lakukan sendiri.

Klik Start menu lalu pilih Settings (gambar gerigi), selanjutnya pilih Time & Language lalu pilih lagi Region & language.

Pada bagian Language pastikan bahasa English (United States) statusnya menjadi bahasa default. Jika pada Languange bahasa English (United States) tidak tampil, tambahkan bahasa dengan cara klik Add a languange dan pilih bahasa English (United States).

Pengaturan Region & language di Windows 10

Hapus bahasa lain yang muncul pada Language, dan sisakan hanya satu bahasa yaitu English (United States).

Restrat laptop

Baca juga: Jasa Service Komputer dan Laptop Panggilan Area Malingping

Dengan langkah-langkah di atas, permasalahan tombol keyboard laptop yang tertukar akan teratasi tanpa harus mengganti perangkat keyboard dengan yang baru.

Demikian tutorial servis laptop tentang cara memperbaiki tombol keyboard laptop yang tertukar ini saya buat, semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman semua.

Cara Memperbaiki Tombol Keyboard Laptop yang Tertukar