Cara Memasang Meta Tag Keywords di Blogger

Cara Memasang Meta Tag Keywordsdi Blogger - Meta tag keywords merupakan sebuah pilihan sobat blogger untuk optimasi SEO blog, meta tag keywords banyak dan sering digunakan oleh para blogger untuk mengoptimalkan SEO blog agar cepat di index mesin pencari sehingga dengan mudah ditemukan oleh mesin pencari google.

Sebelum lebih jauh ke topik utama, mungkin diatara sobat masih ada yang belum tahu apa itu meta tag dan fungsi dari meta tag. Berikut ini saya berikan pengertian ringkas dari meta tag.


Apa itu Meta Tag?

Meta Tag merupakan sebuah tag HTML yang berfungsi sebagai data informasi dari halaman web atau blog yang kemudian dikirimkan untuk ke mesin pencari seperti google, bing, yahoo, yandex, dll.

Fungsi Meta Tag

Penggunaan meta tag keywords pada sebuah web atau blog dapat mempengaruhi optimasi search engine optimaze (SEO) sehingga blog akan cepat mudah dikenali oleh mesin pencari google dan artikel pada sebuah web / blog tersebut muncul di halaman pencarian dapat ditemukan oleh pengunjung.

Apakah penggunaan meta tag keywords pada blogger saat ini masih efektif untuk mengoptimalkan SEO blog? Ada yang bilang ini tidak akan bekerja dengan baik karena setelah google melakukan update algoritma baru mesin pencari sudah tidak lagi menggunakan keywords sebagai salah satu faktor dalam menentukan sebuah ranking.

Tetapi jika sobat ingin tetap memasang meta tag keywords pada blog juga tidak akan ada masalah dan tidak rugi dan bisa saja meta tag keywords ini masih berfungsi untuk SEO blog.

Cara Memasang Meta Tag Keywords di Blogger


Ada dua cara yang bisa sobat lakukan untuk memasang meta tag keywords di blog, yaitu dengan cara memasang meta tag keywords otomatis dan manual. Sobat bisa pilih salah satu cara yang menurut sobat lebih baik dan lebih mudah dilakukan.

Berikut ini merupakan sebuah contoh dari penggunaan meta tag keywords secara manual pada blog blogger dengan tema tutorial blog.

Contoh Meta Tag Keywords
<b:if cond='data:blog.homepageUrl == data:blog.url'>
<meta content='Tutorial, Belajar, Blogger, Ngeblog, Lengkap' name='keywords'/>
</b:if>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<meta content='Belajar Ngeblog, Tutorial Blogger, Blogging' name='keywords'/>
</b:if>

Cara Memasang Meta Tag Keywords Otomatis pada Blogger

Mamasang meta tag keywords otomatis pada blogger ini akan mengabil data dari judul, deskripsi, dan judul postingan blog sobat. Cara ini saya sarankan karena selain mudah untuk dipraktekkan juga penggunaan meta tag keywords otomatis ini lebih maksimal.

Masuk ke dashboard blog > Tema > Edit HTML

Letakan kode di bawah ini tepat sebelum atau di bawah kode <head>

Copy kode
<b:if cond='data:blog.homepageUrl == data:blog.url'><meta expr:content='data:blog.title' name='keywords'/></b:if>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'><meta expr:content='data:blog.pageName' name='keywords'/></b:if>

Selanjutnya, Simpan Tema / Template

Cara Memasang Meta Tag Keywords Manual pada Blogger

Kelebihan dari memasang meta tag keywords secara manual adalah sobat bisa dengan leluasa memasukan kata kunci atau keywords yang ingin sobat tanamkan kedalam meta tag.

Masuk ke dashboard blog > Tema > Edit HTML

Letakan kode di bawah ini tepat sebelum atau di bawah kode <head>

Copy kode
<b:if cond='data:blog.homepageUrl == data:blog.url'>
<meta content='KEYWORD1, KEYWORD1, KEYWORD1' name='keywords'/>
</b:if>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<meta content='KEYWORD2, KEYWORD2, KEYWORD2' name='keywords'/>
</b:if>

Silahkan sobat ganti dan masukkan kata kunci pada teks KEYWORD1 dan KEYWORD2 sesuai dengan tema dan topik blog sobat.

Selanjutnya, Simpan Tema / Template

Kurang lebihnya seperti itu untuk cara memasang meta tag keywords pada blogger, semoga bisa bermanfaat dan memberikan nilai positif untuk blog sobat.

Cara Memasang Meta Tag Keywords di Blogger