Cara Daftar dan Memasang DMCA di Blog

Kegiatan blogging pada dasarnya merupakan kegiatan seseorang di dunia internet yang berkaitan dengan aktivitas menulis, berkarya, atau berbagi konten informasi di dunia internet. Seorang blogger menulis dengan tanpa paksaan dan tidak lain hanya ingin suatu yang dibagikannya bisa bermanfaat dan membantu orang banyak.

Sobat tentu tahu bagaimana sulit dan tidak mudah nya untuk membuat sebuah artikel atau konten blog yang original walaupun dengan judul yang sangat sederhana, untuk membuat sebuah artikel pun membutuhkan buah pemikiran dan banyak menyita waktu. Dan ketika Copaser muncul, disitulah keresahan mulai muncul.


Untuk melindungi artikel atau konten original yang terdapat di dalam blolg, saat ini sudah tersedia web tool untuk melindungi semua konten original sobat yang ada di blog. Hal ini penting apalagi sobat yang memiliki blog dengan konten original baik artikel karya tulis / ilmiah atau artikel lainnya. Banyak blogger yang mengeluhkan konten blog mereka di duplikasi oleh blog lain. Kegiatan itu selain membuat reputasi blog akan menjadi kurang baik.

Baca juga:

Digital Millennium Copyright Act 

Digital Millennium Copyright Act (DMCA) adalah pilihan terbaik yang bisa blogger gunakan untuk melindungi konten dan artikel dari kegiatan copy paste oleh copaser. Dengan menggunakan DMCA sobat bisa melindungi hak cipta artikel atau konten yang ada pada blog. Apabila terdapat blog lain yang berani menduplikasi blog sobat, langkah yang bisa ditempuh sobat adalah dengan melaporkan ke DMCA sehingga blog duplikasi tersebut bisa ditindaklanjuti bahkan di banned oleh Google.

Cara Daftar dan Memasang Kode DMCA pada Blog


Masuk ke situs DMCA.com

Lakukan pendaftaran dengan klik SIGN UP, kemudian pilih Get a FREE Badge, kemudian isi data register dengan data yang benar dan email aktif, selanjut pilih SIGNUP.

Jika registrasi sukses, masuk ke Dashboard lalu masuk ke menu My Protection Badges. Pilih Add Badges to your site.


Pilih model Badge yang diinginkan, kemudian copy kode Embed Your Badge di sebelah kanan.


Masuk ke dashboard blogger kemudian pilih Tata Letak, buatlah gadget HTML/Javascript lalu masukan kode Embed Badget DMCA tersebut. Tempatkan widget dimanapun terserah sobat.

Selesai

Sekarang konten dan artikel yang ada di blog sobat sudah dilindungi oleh DMCA. Apabila ada yang melakukan tindakan copy paste konten / artikel dari blog sobat lalu diposting di blog lain sehingga menjadi duplikat konten, maka sobat bisa melaporkan blog tersebut dengan DMCA tersebut, maka blog duplikasi tersebut akan diproses bahkan dibanned oleh Google.

Cara Daftar dan Memasang DMCA di Blog