Tips Memilih Niche Terbaik untuk Blog Anda

Mimilih niche atau tema adalah langkah pertama yang harus sobat pikirkan sebelum memulai memutuskan untuk membuat sebuah blog dan masuk ke dunia blogging. Memiliki blog dengan niche tertentu yang relevan dengan isi artikel di dalamnya sangat disarankan. Sobat mungkin meiliki banyak ide, tetapi sobat hanya perlu memilih salah satu topik saja untuk satu blog.

Dan cara terbaik untuk memilih menentukan niche blog adalah tentang topik yang sobat sukai, seperti kalo sobat suka main alat musik gitar sobat bisa buat blog dengan topik gitar yang isinya tutorial memainkan gitar, setel gitar, dan lain-lain, atau sobat yang suka dunia komputer dan jaringan bisa membuat blog tentang komputer yang isinya tutorial komputer dan jaringan, jika sobat suka menulis puisi atau cerpen buatlah blog tentang topik tersebut yang isinya berbagi pengetahuan dan karya sobat, atau topik lainnya. Sekali lagi, pilihlah topik yang sobat sukai, baik disukai sebagai kegiatan keseharian ataupun hobby.


Kenapa harus memilih tema dan topik yang disukai?


Hal ini bisa menghindari sobat dari bosan yang amat panjang. Misalnya saja jika sobat menyukai dunia otomotif tetapi membuat blog dengan tema tutorial blog, ya gak bakal nyambung. Dari kesalahan niche tersebut sobat bakal menemui bagaimana susahnya membuat artikel / konten, mencari inspirasi, merangkai kata-kata karena topik tersebut bukan bagian dari sobat.

Kadang-kadang ketika kita melakukan browsing di internet dan menemui blog atau situs-situs populer mereka sukses dengan topik blog yang hampir sama satu dengan yang lain. Hal tersebut kadang menjadikan kita terpaku pada kesuksesannya saja, dan hal yang harus kita ketahui lebih dalam dari kesuksesan mereka tersebut adalah mereka itulah keahlian mereka, itulah hobi yang mereka tuliskan di dalam blog.

Baca juga:

Memiliki blog dengan niche hobby dapat mempermudah sobat membuat artikel, menulis kata-kata dan menguraikan suatu perintah dalam kalimat karena blog bertema kegiatan yang kita sukai memiliki inspirasi yang tak terbatas.

Jika sobat bertanya-tanya mengapa para blogger sukses dapat memiliki banyak hal untuk mereka tulis? Itu karena mereka tahu apa yang mereka pikirkan dan memiliki gairah dalam topik blog mereka. Banyak orang gagal dalam dunia blog karena mereka kehilangan ide dan minat untuk menulis yang sesuai dengan topik. Saya harap ini tidak akan terjadi pada sobat. Jadi, pastikan sobat melakukan semua yang sobat bisa untuk menghindari hal ini.

Sekali lagi, pikirkanlah dengan matang-matang niche terbaik yang akan sobat pilih untuk blog, karena tidak ada kata kembali setelah sobat membuat sebuah niche. Blog adalah investasi masa depan dengan prospek jangka waktu yang panjang. Jadikan blog sebagai sarana untuk menyalurkan hoby, berbagi pengetahuan sehingga dapat bermanfaat untuk semua orang.

Barangsiapa mengajarkan ilmu, maka ia memperoleh pahala orang yang mengamalkannya dengan tidak mengurangi pahala pelakunya. (H.R. Ibnu Majah).

Hanya itulah yang bisa saya tuliskan tentang tips memilih tema terbaik untuk blog sobat. Mohon maaf apabila ada yang tidak dimengerti dari artikel di atas. Semoga bermanfaat.

Tips Memilih Niche Terbaik untuk Blog Anda