Suka Mengunggah Foto-Foto Traveling di Instagram? Ini Dia 7 Aplikasi Edit Foto yang Wajib Kamu Instal!

Saat ini traveling memang bukan hanya sekadar untuk menjelajahi dan mendapatkan pengalaman menemui tempat-tempat baru saja. Kegiatan traveling kini juga digemari untuk berburu jepretan keren yang nantinya akan diunggah di media sosial seperti Instagram.

Namun, mengunggah foto hasil jepretan kamera langsung sering kali terasa kurang cukup. Menambahkan sentuhan editing pada foto agar menghasilkan foto yang tampak lebih menarik dan mendatangkan banyak like.  Untuk itu, bagi kamu yang hobi traveling dan mengunggah foto-foto traveling di Instagram, berikut adalah rekomendasi 7 aplikasi edit foto yang wajib kamu instal di smartphone-mu.

1. VSCO

VSCO – vsco.co

VSCO adalah salah satu aplikasi photo editor paling populer yang banyak digemari dan digunakan oleh para pengguna Instagram. Di dalamnya, aplikasi ini memiliki banyak fitur ataupun filter yang dapat memberikanmu keleluasaan untuk menciptakan foto ciamik, terlebih bagi kamu yang suka dengan filter-filter ala vintage dan hand dirty. Selain itu, hasil dari editan VSCO ini bisa kamu tampilkan langsung ke profil agar dapat dilihat banyak orang.

2. Mexture

Mexture – Beautiful Pixels

Jika ingin foto travelingmu lebih unik, jangan ragu untuk menggunakan aplikasi Mexture. Aplikasi ini menawarkan fitur editing foto seperti grains, wide range of texture, light leaks, serta beberapa pengaturan dasar yang memungkinkanmu untuk memberikan efek unik pada fotomu.  Bukan itu saja, pengaturan yang kamu gunakan bisa disimpan untuk mengedit foto di lain waktu. Selain itu, kamu juga bisa mengimpor penggabungan filter dari pengguna Mexture lainnya. Mantap, kan?

Baca juga:

3. Snapseed

Snapseed – Everything Erica

Aplikasi photo editor besutan Google ini sangat cocok untuk kamu yang memerhatikan detail spesifik dan ingin foto hasil edit tetap terlihat alami. Selain menyediakan fitur-fitur standar seperti rotate, crop, contrast, dan lain sebagainya, Snapseed juga menyediakan sejumlah filter yang dapat membuat tampilan fotomu semakin keren. Terdapat banyak filter yang bisa kamu gunakan di Snapseed seperti filter vintage, retrolux, tilt shift, drama, grunge, dan filter-filter lainnya keren lainnya. Asyiknya lagi, semua fitur maupun filter yang disediakan aplikasi ini bisa kamu akses secara gratis tanpa perlu khawatir dengan kemunculan iklan yang menganggu.

4. Tiny Planet FX

Tiny Planet FX - Pinterest

Untuk kamu yang suka foto-foto panorama, aplikasi ini wajib dicoba untuk mengedit foto panorama yang sudah kamu ambil agar terlihat lebih natural dan maksimal. Dengan aplikasi Tiny Planet FX, kamu bisa membuat foto panoramamu menjadi berbentuk bulat layaknya sebuah planet. Keren, bukan? Tiny Planet FX suport ukuran gambar dengan resolusi tinggi, aplikasi ini juga tersedia dengan beragam fitur lain seperti stereographic projection, 7 parameter adjustment, dan filter menarik lainnya. Ada pula sejumlah tools yang biasanya hanya ditemukan dalam aplikasi edit gambar di PC.

5. Touch Retouch

Touch Retouch – Google Play

Saat mengabadikan foto-foto perjalanan, kamu tentu sering mendapatkan hasil foto yang tidak sesuai dengan harapan, bukan? Misalnya saja ketika kamu ingin memotret panorama pantai tetapi disana ada banyak pengunjung. Untuk mengatasi itu, kamu bisa mecoba menggunakan aplikasi edit foto yang satu ini. Dengan aplikasi Touch Retouch, kamu bisa menghilangkan gambar-gambar yang tidak kamu kehendaki, seperti kehadiran pengunjung tadi misalnya.

6. Enlight

Enlight - Instagramers

Aplikasi edit foto yang satu ini dapat memberikan keleluasaan bagi kamu yang ingin mengedit foto dengan sentuhan sederhana hingga artistik. Efek dan filter yang disediakan Enlight memberikan trik pencahayaan yang tidak akan kamu temukan di aplikasi edit foto lainnya. Selain itu, cara memotong gambar serta menambahkan filternya pun juga bisa kamu lakukan dengan mudah. Beberapa filter kreatif yang ada di dalamnya antara lain adalah efek sketsa, lukisan, serta transformasi seni jalanan.

7. Adobe Lightroom

Adobe Lightroom – Helpx.Adobe

Nah, bagi kamu yang menginginkan kualitas pencahayaan yang bagus, Adobe Lightroom bisa menjadi pilihan menarik. Aplikasi ini banyak digunakan oleh fotografer profesional. Namun, bagi kamu yang masih pemula, tidak ada salahnya juga menggunakan aplikasi yang satu ini. Agar hasil editan foto semakin ciamik, kamu bisa mengombinasikan Adobe Lightroom dengan VSCO. Lakukan pengeditan dulu menggunakan Lighroom, impor ke VSCO untuk diberi sentuhan-sentuhan tambahan, kemudian kembali lagi ke Lightroom. Tinggal kamu sesuaikan dengan selera dan keinginan.

Itulah 7 aplikasi edit foto yang direkomendasikan yang bisa kamu coba untuk menghasilkan foto-foto terbaik. Setelah diedit, kamu bisa langsung mengunggahnya ke Instagram. Hanya saja, saat traveling ke tempat-tempat jauh, kamu mungkin sering dihadapkan dengan masalah pulsa sehingga tidak dapat langsung mengunggahnya. Namun, tidak perlu risau, karena sekarang kamu bisa mendapatkan pulsa melalui agen online, misalnya dengan membeli pulsa Simpati melalui situs  Traveloka.

Tidak hanya itu. Beragam info transfer pulsa Simpati di Traveloka pun juga tersedia di sana. Dengan layanan transfer pulsa Simpati, kamu juga bisa membantu rekan-rekan lain sesama traveler yang juga membutuhkan pulsa saat di perjalanan.

Adapun cara untuk melakukan transfer pulsa Simpati ini sendiri juga cukup mudah, bisa melalui layanan SMS atau USSD. Jika menggunakan SMS, kamu hanya perlu mengetik TPULSA (spasi) besaran transfer dan kirim ke nomor tujuan yang ingin diberikan pulsa. Sementara, jika menggunakan layanan USSD, cukup ketik *858*nomor tujuan*besaran transfer# dan kemudian tekan Ok atau Yes.

Bagaimana? Mudah bukan? Dengan menggunakan layanan tersebut di atas, kamu bisa membantu kerabat atau teman yang membutuhkan pulsa tapi sedang tidak memungkinkan untuk membeli pulsa sendiri. Semoga bermanfaat!

Suka Mengunggah Foto-Foto Traveling di Instagram? Ini Dia 7 Aplikasi Edit Foto yang Wajib Kamu Instal!