Perbedaan Blogger dan Wordpress - Kamu Perlu Tahu

Bila Anda memutuskan untuk memulai membuat sebuah blog, biasanya kebanyakan orang akan merekomendasikan untuk memulainya dengan menggunakan Blogger atau Wordpress. Namun keduanya platform tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan.  Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan serta perbedaan mendasar antara blogger.com dan wordpress yang bisa menjadi pertimbangan untuk memilih sebuah platform untuk blogging Anda.

Blogger.com menawarkan cara termudah untuk memulai membuat dan membangun sebuah blog. Hal ini berbeda dengan platform blogging lainnya, blogger tidak mengharuskan Anda untuk memiliki ruang untuk web dan menginstal aplikasi blog. Anda hanya perlu mengunjungi situs web Blogger.com lalu membuat akun dan kemudian membangun blog sesuai keinginan Anda.

perbedaan blogger dan wordpress

Baca juga:

Membuat sebuah blog di Blogger.com sangat mudah, bahkan untuk pemula dan ini sangat direkomendasikan, dan tentu saja karena layanan ini gratis. Anda tidak memerlukan nama domain atau web hosting. Anda bisa membuat blog dalam waktu beberapa menit saja, memberikan tema dan menyesuaikan desain agar blog terlihat menarik. 

Menggunakan Blogger sebagai platform blogging

Ada beberapa kelemahan dalam menggunakan blogger bahkan ini bisa menjadi hal serius, memiliki blog platform Blogger.com bukan berarti Anda lah pemiliknya. Blogger.com dimiliki oleh Google, dengan kata lain Blogger.com adalah layanan yang dimiliki oleh Google. Secara praktis apa yang Anda lakukan pada blog adalah meminta mereka untuk meng-host blog Anda tersebut.

Baca juga:

Blogger dibatasi oleh peraturan dan keputusan, kapan pun jika mereka menutup blog Anda mereka bisa lakukan. Peraturan dan keputusan ini meliputi dari isi blog atau konten ataupun tindakan ilegal yang merugikan orang lain. Lebih buruk lagi blog Anda ditutup hanya karena kesalahan tidak berarti. Jika Anda telah menghabiskan satu atau dua tahun untuk mengembangkan blog tersebut, maka akan sangat menyakitkan jika harus kehilangan blog beserta konten di dalamnya, dan tidak ada yang bisa dilakukan.

    Menggunakan Wordpress sebagai platform blogging

    Platform ini mungkin yang paling populer dan paling banyak digunakan. Apa yang menjadikan platform ini banyak disukai adalah kemudahan dalam penggunaannya dan pengguna memiliki hak kontrol sepenuhnya terhadap blog tersebut. Anda benar-benar memiliki sebuah blog.

    Dengan blog wordpress Anda bisa melakukan apapun yang anda mau, dari sekedar blog sederhana atau membuat sebuah toko e-commerce yang menggabungkan banyak fitur dan plug-in.

    Wordpress memiliki ribuan template yang bisa digunakan untuk memperindah tampilan blog Anda, ada yang gratis dan ada yang Premium atau berbayar. Ada juga ribuan widget yang bisa ditambahkan untuk meningkatkan fungsionalitas blog.

    Memilih menggunakan wordpress atau blogger sebagai platfrom blogging Anda tergantung dari apa yang ingin anda lakukan dengan blog tersebut. Jika Anda hanya ingin berbagi beberapa artikel, sebuah tutorial atau gambar-gambar kepada teman dan anggota keluarga, maka blogger menjadi pilihan yang tepat. Anda tidak perlu khawatir tentang bandwidth atau media penyimpana online karena Google menyediakan ruang yang cukup besar untuk setiap pengguna.

    Namun, jika Anda ingin memiliki blog bisnis atau Anda berpikir untuk mendapatkan uang blog yang Anda kelola, wordpress menjadi pilihan yang lebih baik.

    Kurang lebih seperti itulah beberapa perbedaan antara platform Blogger dan Wordpress yang perlu kita ketahui. Semoga bermanfaat. 

    Perbedaan Blogger dan Wordpress - Kamu Perlu Tahu