Cara Mudah Mengetahui Merk dan Tipe Laptop Melalui Command Prompt

Semakin hari perkembangan dunia teknologi semakin maju, khususnya di bidang komputer saat ini terdapat banyak sekali jenis dan tipe komputer atau laptop dan notebook yang beredar. Penggunaan komputer saat ini sudah menjadi hal yang penting dan primer untuk semua jenis pekerjaan. Hampir dalam semua bidang komputer dipergunakan sebagai penunjang dan mempermudah pekerjaan.

Berkembangnya teknologi di bidang teknologi komputer melahirkan banyaknya macam varian dan merk yang beredar dan diperjual belikan, mulai dari perusahaan dan merk ternama seperti Acer, Asus, Toshiba, HP, Dell, Lenovo, Zyrex dan bahkan laptop rakitan dalam negeri yang memiliki harga yang relatif lebih murah.

Cara Mengetahui Merk dan Tipe Laptop Melalui Command Prompt

Dari banyaknya varian dan merk laptop terkenal tersebut ada pula beberapa laptop yang kadang tidak memberikan label atau merk pada bagian body / kesing laptop tersebut, atau hanya memberikan label merk saja tanpa menyertakan tipe dari laptop. Hal ini kadang membuat bingung para pengguna, terlebih ketika ingin mengetahui tipe dan model apa laptop yang mereka milik?

Mengetahui merk tipe dan jenis laptop menjadi penting ketika kita menginstall ulang sistem operasi Windows dan mencari driver yang sesuai dengan tipe laptop. Hal tersebut perlu diketahui apalagi jika Anda seorang teknisi komputer.

Cara mudah mengetahui merek dan tipe laptop melalui command prompt (CMD)


Langkah Pertama
Buka Command Prompt dengan cara klik Start > RUN, kemudian ketik CMD. Atau dengan cara menekan tombol WIN + R.

Cara Mengetahui Merk dan Tipe Laptop Melalui Command Prompt

Langkah KeduaPada layar hitam Command Prompt, ketik: SYSMTEMINFO kemudian tekan Enter

Cara Mudah Mengetahui Merk dan Tipe Laptop Melalui Command Prompt

Maka akan ditampilkan informasi secara lengkap, mulai dari sistem operasi yang terpasang, tanggal install OS, versi BIOS, model dan type laptop, dan banyak lagi informasi yang ditampilkan pada Command Prompt.

Tutorial cara mudah mengetahui merk dan tipe laptop melalui command prompt ini bisa digunakan pada sistem operasi Windows XP, 7, 8.1 dan 10.

Kurang lebih begitulah cara cepat dan mudah untuk mengetahui merk tipe dan jenis laptop melalui command prompt (cmd) tanpa harus bongkar-bongkar. Semoga bermanfaat.

Cara Mudah Mengetahui Merk dan Tipe Laptop Melalui Command Prompt