Cara Mengaktifkan Analog Kanan (R3) Stik Abal-abal

Serunya main game sepak bola, ya dengan gaya skill bisa becandain atau manas-manasin temen yang kalah. Tapi jangan gitu ah, bikin kesel lihatnya. Untuk melakukan aksi skill pada game sepak bola seperti PES 2017 atau seri FIFA 14, 15, 16 dan 17, menggunakan fungsi analog kanan atau menggunakan R3. Sayangnya tidak semua gamepad memiliki fungsi analog kanan yang aktif atau R3.


Stik merek abal-abal contohnya, seperti merk; Standard, K-One, iTech, dan lain-lain yang secara default tidak memiliki fungsi analog kanan, juga R3.

Baca juga: FIFA 18 Original PC Murah Meriah

Dan ternyata, analog kanan pada stik abal-abal bisa diaktifkan. Ada triknya. Caranya juga tidak terlalu sulit, tanpa software dan tidak butuh waktu lama.

Cara Mengaktifkan Analog Kanan (R3) Stik Abal-abal


Bagaimana caranya? berikut cara mengaktifkan analog kanan pada stik abal-abal supaya bisa digunakan pada game PES ataupun FIFA.



  1. Sambungkan stik / gamepad ke komputer, pastikan terdeteksi;
  2. Buka REGEDIT dengan cara tekan tombol "Windows + R" pada keyboard, kemudian ketik REGEDIT;
  3. Setelah itu, buka: HKEY_CURRENT_USER \ System \ CurrentControlSet \ Control \ MediaProperties \ PrivateProperties \ Joystick \ OEM \
  4. Cari registri OEMName sesuai dengan model Joystick, cara mengetahuinya: buka Control Panel > Devices and Printers, klik kanan pada device Joystick > Properties, dibagian Model bisa dilihat nama Joystick nya.
  5. Kembali ke REGEDIT, cari OEMName Joystick tersebut, kemudian edit / ganti dengan "Hama Flashlight Pad" (tanpa tanda petik)
  6. Keluar dari REGEDIT dan silahkan coba.

Baca juga: FIFA 18 Rosters Update Terbaru

Selamat mencoba.

Cara Mengaktifkan Analog Kanan (R3) Stik Abal-abal