[HOAX] Malaikat Menghentikan Rudal dan Pesawat Israel yang Menyerang Palestina

Penyebaran berita tidak benar / miss information / hoax / kebohongan / dan pembodohan publik, saat ini begitu cepat menyebar dan sulit dikendalikan. Facebook menjadi salah satu media sosial yang banyak dijadikan sarana dan alat menyebarkan berita hoax tersebut. Entahlah, apa motif dan tujuan orang-orang ini membuat sebuah inforasi yang tidak benar dan menjadikannya viral.


Dewasa kini di era digital, rasanya sulit untuk kita membedakan mana sebuah kenyataan dan mana sebuah hasil dari kecanggihan Computer-Generated Imagery (CGI). Teknologi yang mampu menampilkan suatu hal fantasi dan mustahil bisa dihadirkan dan ditampilkan dalam bentuk digital graphic vidio atau image.

Baru-baru ini beredar video yang diklaim sebagai Malaikat yang menghancurkan rudal dan pesawat Israel di langit Palestina

Sudah dipastikan, jenis video viral semacam ini akan banyak mendapat like, komentar dan share yang sangat banyak. Apalagi saat ini sedang meningkatnya ketegangan antara Palestina dengan Israel yang terjadi karena kekerasan di komplek Masjid Al-Aqsa. 

Rasa kemanusiaan memang harus kita kedepankan, kita semua prihatin dengan apa yang terjadi di daerah Palestina, namun kita kiranya harus tetap cross check dan periksa kembali setiap informasi yang ada dan yang merujuk pada suatu hal yang sensitif. Bukan tidak mungkin, akibat dari ketidaktahuan atau oknom yang memperkeruh suasana dengan isu-isu atau informasi-informasi tidak benar menjadikan informasi hoax tersebar dengan luas di media sosial.

Hingga saat ini, video Malaikat Menghentikan Rudal dan Pesawat Israel yang Menyerang Palestina tersebut telah dibagikan lebih dari 161 ribu kali di Facebook.


Tahukan Anda? Sebelumnya, di tahun 2015 video tersebut di klaim dua Malaikat terbang di langit Brazil.

Jadi, mana yang benar?

FAKTANYA?
Video tersebut bukan penampakan Malaikat yang terbang di langit Palestina atau pun di Barzil. Video dengan judul “Anjos Filmados No Céu” adalah karya Jessen Carlos, seorang seniman digital asal Brazil. Awalnya pada 19 February 2014 dia mengunggahnya di Youtube dan tidak menabahkan deskripsi tentang videonya tersebut sehingga banyak yang menduga-duga bahkan tertipu.

Kemudian, pada 19 Desember 2014 ia mengunggah keseluruhan dari video tersebut, mulai dari sebelum dan sesudah proses edit dengan bantuan visual effect CGI. Bahkan di channel YouTube nya, Jessen Carlos membuat beberapa video dengan visual effect yang hampir sama:


Kesimpulan
Video Malaikat Hancurkan Rudal & Pesawat Israel di langit Palestina yang tersebar di media sosial Facebook adalah hasil dari rekayasa digital dengan menggabungkan beberapa video dan bantuan teknologi CGI.

Semoga bermanfaat.

[HOAX] Malaikat Menghentikan Rudal dan Pesawat Israel yang Menyerang Palestina