10 Simbol Terkenal ini Memiliki Pesan Tersembunyi yang Tidak Anda Ketahui

10 Simbol Terkenal ini Memiliki Pesan Tersembunyi yang Tidak Anda Ketahui - Setiap perusahaan besar berusaha memastikan bahwa logonya tidak hanya dikenali, namun bisa menyampaikan pesan kepada konsumen. Tentu, desainer logo melakukan yang terbaik agar sesuai dengan makna yang luas dan dapat diterima.

Dan, berikut adalah beberapa logo dan simbol-simbol dari perusahaan besar yang sudah tidak asing lagi untuk kita kenali yang memiliki makna sangat dalam dan beragam yang mereka sembunyikan. 

1. Bluetooth

Pada abad kesepuluh Masehi, Denmark yang diperintah oleh Raja Harald Blåtand, seorang tokoh sejarah yang terkenal karena menyatukan suku-suku Denmark ke dalam kerajaan tunggal. Harald sering disebut "Bluetooth" karena ia dikenal sebagai kekasih blueberry, dan setidaknya salah satu giginya memiliki warna biru permanen.

Terinspirasi dari hal tersebut di atas, teknologi Bluetooth dirancang untuk menyatukan beberapa perangkat ke dalam satu jaringan. Simbol yang mewakili teknologi ini adalah kombinasi dari dua rune Skandinavia: "Hagall" (atau "Hagalaz") yang merupakan analog dari bahasa Latin "H," dan "Bjarkan" - sebuah rune yang sama dengan huruf Latin "B." Ini dua rune membentuk inisial nama Harald Blåtand. Perlu diketahui, perangkat Bluetooth generasi pertama berwarna biru dan itu lebih mirip bentuk gigi.

2. Apple

Rob Janoff, pria yang merancang logo Apple yang terkenal itu, mengatakan: "Saya membeli sekantong apel utuh, memasukkannya ke dalam mangkuk dan membuat sketsa nya selama seminggu, dan mencoba menyederhanakan detailnya. Pada suatu saat selama eksperimen artistik saya, saya menggigit salah satu apel. Belakangan hari itu, yang mengejutkan saya, saya menemukan bahwa 'gigitan' terdengar sangat mirip dengan 'byte' (istilah komputasi)".

Pada satu masa keberadaan Apple, logo-nya digunakan untuk menampilkan garis-garis berwarna dan multi-warna untuk menekankan fakta bahwa perusahaan memproduksi komputer dengan monitor warna. Pada tahun 1998, setelah kembalinya Steve Jobs dan kemunculan komputer generasi baru, Apple beralih ke logo monokrom.

3. Facebook

Apakah karikatur ini belum cukup jelas untuk menggambarkan pesan dan fungsinya?

4. Sun Microsystems

Logo Sun Microsystems adalah salah satu ambigram paling terkenal di dunia. Kata 'SUN' membentuk dasar persegi dan dapat dibaca dari masing-masing sudutnya. Logo itu dibuat oleh seorang profesor Stanford, Vaughan Pratt.

5. Unilever 

Unilever menghasilkan sejumlah besar produk yang beragam, dan ini tercermin dalam logo mereka. Setiap segmen logo memiliki arti tersendiri. Misalnya, hati yang menandakan cinta, perhatian dan kesejahteraan. Sementara burung melambangkan kebebasan, pembebasan dari pekerjaan sehari-hari, dan kenikmatan hidup.

6. Formula 1

Jika Anda melihat dari dekat ruang kosong antara 'F' dan garis-garis merah, Anda akan melihatnya berubah menjadi '1'. Logo ini dirancang untuk menyampaikan rasa kecepatan.

7. Power On

Simbol "power" (atau "power on") dapat ditemukan di hampir semua alat, namun hanya sedikit orang yang tahu tentang asal-usulnya.

Pada awal 1940-an, insinyur menggunakan sistem biner untuk merepresentasikan switch tertentu, di mana 1 artinya aktif dan 0 berarti tidak aktif. Dalam dekade berikutnya, telah berubah menjadi tanda bahwa fitur lingkaran (nol) dan garis vertikal (satu).

8. Amazon

Sepintas, logo Amazon sepertinya tidak menyembunyikan sesuatu yang istimewa. Namun, itu dirancang untuk membantu kita memahami filosofi merek. Panah kuning menyerupai senyuman, karena Amazon.com ingin pelanggan mereka bahagia. Juga, anak panah menghubungkan huruf 'A' dan 'Z', mengisyaratkan fakta bahwa toko online ini benar-benar memiliki segalanya.

9. Sony Vaio

Dua huruf pertama dari logo Sony Vaio merupakan gelombang, yang melambangkan sinyal analog, sementara dua yang terakhir menyerupai 1 dan 0 yang merupakan representasi simbolis dari sinyal digital.

10. FedEx

FedEx adalah yang paling terkenal dari semua logo yang mengandung makna tersembunyi. Jika Anda melihat dari dekat, Anda bisa melihat panah, yang dibentuk oleh ruang kosong antara huruf 'E' dan 'X'. Panah ini melambangkan kecepatan dan ketepatan dari dua prinsip panduan perusahaan. Menariknya, setelah melihat panah ini sekali, orang mulai melihatnya terlebih dulu dan paling utama setiap kali mereka melihat logo FedEx.

10 Simbol Terkenal ini Memiliki Pesan Tersembunyi yang Tidak Anda Ketahui