Apa sih CAPTCHA? Fungsinya untuk apa? Ganggu aja ...

Apa sih CAPTCHA? Fungsinya untuk apa? Ganggu aja ... – jika Anda sering berselancar di internet tentu pasti pernah menemui CAPTCHA, kita diperintahkan untuk mengisi sebuah form atau kotak isian dengan kode yang berbentuk angka atau huruf dari sistem CHAPTCHA tersebut.
CAPTCHA bikin pusing, tulisannya gak jelas bengkok-bengkok gitu, ada yang nyambung lagi. Ganggu aja ...
Lalu, apa itu CAPTCHA? 
CAPTCHA (Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Human Apart), atau dalam artian bahasa Indonesia “Uji Turing Publik Terotomatisasi Penuh untuk membedakan Komputer dan Manusia”. 


CAPTCHA merupakan sistem yang berjalan secara otomatis yang dapat menguji apakah respon yang diberikan berasal dari manusia atau bukan. CAPTCHA pada umumnya digunakan sebagai filter untuk mengantisipasi serangan spam pada sebuah situs, biasanya situs yang menggunakan sistem CAPTCHA adalah situs web yang memiliki form-form. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa pengunjung atau yang melakukan mengisi form-form adalah benar-benar manusia, bukan robot (bot) atau spam.

Kegunaan CAPTCHA
Kehadiran CAPTCHA disambut baik oleh pengguna maupun developer yang bergerak di bidang internet, terutama mereka yang memiliki situs web. Serangan dalam bentuk trafik atau DDoS (Distributed Denial of Service) merupakan serangan penghancuran suatu situs web secara bertubi-tubi yang dilakukan dalam bentuk spam atau bot (robot). Menggunakan CAPTCHA dapat mengamankan resource yang dimiliki oleh sebuah situs web tersebut.

Akan tetapi sebagian besar peselancar internet di seluruh dunia menilai CAPTCHA merupakan hal yang menyebalkan dan menggangu kenyamanan saat browsing di internet karena mengharuskan untuk mengisi sistem verifikasi, bukan itu saja, ketika salah menebak salah satu huruf atau angka yang ditampilkan CAPTCHA akan terus mengulang dengan kode yang berbeda.

Itulah sekilas pengetahuan tentang CAPTCHA yang dapat saya tuliskan pada blog ini. Semoga secuil pengetahuan ini bisa bermanfaat untuk kita semua. 
Komentar