Cara Mengganti Template Blogger


Cara Mengganti Template Blogger - template merupakan salah satu bagian terpenting yang tidak bisa dipisahkan dari blog itu sendiri, template bisa menjadi sebuah identitas dari isi blog tersebut. Memasang template yang disesuaikan dengan topik/niche blog sangat penting untuk dilakukan, selain mempengaruhi kepada respon pengunjung juga blog terlihat lebih menarik.


Blogger sebagai pemilik dari layanan blog blogspot.com menyediakan beberapa template standar yang cukup beragam dan siap pakai. Selain itu kita juga bisa menggunakan template dari pihak ketiga yang banyak tersedia di internet. 

Jika ingin menggunakan template dari pihak ketiga, Anda bisa mencari template tersebut melalui mesin pencari Google. Beberapa layanan penyedia template menyediakan template gratis yang bisa langsung di download dan ada pula yang jenis template premium (berbayar). 

Untuk mencari template blogger dari pihak ketiga, Anda bisa mencarinya di google dengan kata kunci seperti berikut: 

Coba buka satu persatu situs penyedia template tersebut, carilah yang menyediakan template secara gratis, atau bisa membeli template premium. 

Salah satu situs penyedia template gratis yang bisa saya rekomendasikan adalah: https://btemplates.com, di dalamnya ada banyak pilihan template dengan berbagai kategori yang bisa di download secara gratis. 

Setelah template berhasil di download, biasanya template dikemas dalam bentuk file *.RAR atau *.ZIP, ekstrak file tersebut hingga folder dan file template yang berjenis *.HTML muncul.

Untuk memasangnya ke blog, silahkan masuk ke dashboard blog dan klik menu Template / Tema kemudian pilih Cadangkan / Pulihkan

Pada menu Cadangkan / Pulihkan

Penjelasan 

1. Download tema
Untuk mendownlod tema yang sedang digunakan saat ini, istilah lainnya adalah mem-backup tema/template yang berguna jika ingin mengembalikan template ke template sebelumnya. 

2. Browser
Untuk mencari dan memilih file template yang akan dipasangkan pada blog. 

3. File template
Cari dan pilih template yang sudah di download, biasanya type file nya berjenis *.HTML.

4. Open
Jika filenya sudah dipilih akhiri dengan klik Open.

5. Upload
Langkah terakhir untuk memasang template/tema blog dengan mengklik Upload.

Setelah template diupload, tampilan blog versi desktop ataupun mobile akan berubah sesuai dengan tampilan yang dibawa oleh template tersebut. 

Kuranglebih seperti itu cara untuk mengganti dan memasang template atau tema blog blogger. Semoga bisa bermanfaat.

Cara Mengganti Template Blogger